Friday, November 29, 2013

Yang Hebat Bukan Penulis Hebat

Setelah saya sadari betapa menyedihkannya diri saya,
Betapa saya hanya menyukai tulisan sendiri,
Dan betapa kesukaan saya pada tulisan orang lain kebanyakan pura-pura, saatnya sekarang saya simpulkan,

Yang hebat itu bukanlah penulis hebat,
Yang hebat menurut saya, justru pembaca hebat.
Pembaca hebat  adalah pembaca yang baik.
Dan pembaca yang baik, sama dengan pendengar baik. Kemauan mereka membaca tulisan orang lain, menunjukkan kerendahhatian mereka, pertanda kepada tulisan orang lain, dia mau memberi harga.


Barangkali dalam kehidupan sehari-hari, arti pembaca yang baik kurang terasa. Baru kita rasakan arti penting mereka di sini, setelah kita masuk ke sosial media. Kemauan mereka membaca dan memberikan komentar sangat membahagiakan kita.


Mereka memotifasi kita, memperhatikan karya kita, berendah hati, dan karena itu, kita termotivasi untuk membuat dan membuat lagi karya yang lebih baik.

Mereka mau meluangkan waktunya untuk kita, membaca tulisan kita. Tulisan yang bikin pusing, dari seorang penulis sial yang, tak pernah punya karya nyata, apalagi berharga.

No comments:

Post a Comment